Minggu, 27 November 2011

Perkembangan Bisnis Online


Perkembangan Bisnis Online

        Mungkin kata bisnis online sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena transaksi online atau yang biasa di sebut e-commerce sudah menjadi era dan trend saat ini. Di sini saya akan menjelaskan tentang bisnis online.Bisnis Online adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaranbarang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. Bisnis Online dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.Bisnis online di mana cakupannya lebih luas. Dengan bisnis online kita tidak perlu berpanas-panasan untuk membeli barang yang kita butuhkan, jadi lebih praktis, kita hanya membukan internet dan mengirim pesan untuk  barang yang akan kita beli ke alamat yang kita tuju,

Ø  Sejarah Bisnis Online

        Teman-teman semua pada tau gak, kapan bisnis online menjadi booming di dunia???
Bisnis Oline mungkin sebuah konsep yang relatif baru dibandingkan dengan fenomena lain,. Tentu saja konsep perdagangan internasional telah ada sejak dulu ,orang-orang telah terlibat dalam pertukaran baik dalam bentuk impor / ekspor. Perlu kita ketahui bahwa teknologi elektronik telah ada sejak jauh sebelum munculnya komputer dan telah menjadi fenomena perdagangan internasional dalam berbagai bentuk seperti impor / ekspor, yang membentuk global sourcing. Bisnis online sudah ada sejak tahun 1984sehingga membantu perusahaan untuk melaksanakan transaksi mereka yang banyak. dampaknya terhadap perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global tentu dirasakan sangat dalam semua di bidang ekonomi global. Masa depan bisnis online tentu lebih terang dibandingkan dengan situasi saat ini meskipun beberapa ahli mengungkapkan beberapa keprihatinan atas  pertumbuhan bisnis online dan pengaruh dalam perdagangan internasional, impor / ekspor dan sumber global.

Ø  Perkembangan Bisnis Online Yang Semakin Tajam pada tahun 2011

        Zaman dulu orang masih berpikir bahwa apakah orang mau membeli sesuatu dari internet? apakah transaksi di internet aman… apakah mungkin menghasilkan uang tanpa bekerja atau keluar rumah. Lama kelamaan orang percaya dan terbukti bahwa semuanya itu sangat mungkin. Bahkan sangat hebat. Hanya dari rumah saja, siapa saja, dengan akses internet, dengan sebuah komputer, bisa menghasilkan puluhan juta, bahkan ratusan juta dari internet. Sehingga orang-orang banyak yang menjalankan bisnis online Internet seperti tambang emas yang semakin menjanjikan untuk ditambang sebanyak yang anda mau. Dan tentu saja semuanya ini semakin menggairahkan,betapa hebat internet memberikan peluang yang sama atau bahkan lebih besar dari bisnis apapun diluar sana. perkembangan e-commerce di tandai dengan tumbuhnya situs jual beli di tambah dengan maraknya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di indonesia untuk memulai bisnis berbasis internet.di indonesia mencari referensi kebutuhan barang atau jasa dilakukan melalui media internet,, data spire menunjukkan 90% orang mencari referensi/informasi melalui rekomendasi dari orang yang mereka kenal, sementara sejumlah 10% dari internet dengan langsung  menuliskan alamat UR-nya di browser.

  Beberapa faktor untuk mempertahankan bisnis online dan memajukkannya:

1.         Menyediakan harga kompetitif
2.       Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3.       Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4.        Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5.       Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6.       Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7.        Mempermudah kegiatan perdagangan

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan bisnis online adalah:
  • E-mail dan Messaging
  • Content Management Systems
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • Newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online Banking/internet Banking
  • Product Digital/Non Digital

  Pengaruh dan Peranan TI Terhadap Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

        Perlu kita ketahui bahwa Pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia sangat besar loh. Contohnya dengan adanya pembuatan website, forum, dan blog inilah sebagai media yang bersifat sebagai jembatan antara penjual dan pembeli untuk saling memberi informasi sekaligus bertransaksi semakin hari semakin banyak saja, hal ini menunjukkan perkembangan situs-situs yang memiliki wadah untuk bisnis online semakin berkembang tiap waktu. Ditambah dengan berkembangnya dalam persaingan internet service provider yang memberikan fasilitas koneksi internet kepada penjual dan pembeli dalam bisnis online, supaya dapat terhubung secara online setiap saat dan dimanapun berada, sehingga calon konsumen dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang menawarkan produk dan jasa yang ingin mereka dapatkan.Memang yang namanya bisnis online tidak dapat terlepas dari peranan dunia TI, karena diawali dari perkembangan teknologi informasi terutama yang namanya internet inilah sehingga berlanjut dan berkembangnya terhadap bisnis online khususnya di Indonesia. Bahkan beberapa pengguna bisnis online di Indonesia menggunakan perangkat lunak untuk chatting seperti yahoo messenger untuk bertransaksi, tentunya perbincangan bisnis di yahoo messenger tersebut berawal dari suatu blog atau forum yang menawarkan barang dan jasa, lalu di forum atau blog tersebut memasang banner berupa logo YM agar ketika suatu saat ada calon konsumen yang tertarik dapat memastikan lebih jauh dan keseriusan dalam bertransaksi kepada sang penjual selain penggunaan handphone untuk sms atau telepon.Tidak menutup kemungkinan juga bagi pebisnis online yang sudah masuk dalam skala bisnis yang besar memanfaatkan video conference sebagai sarana untuk berkomunikasi dan mempresentasikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada klien. Hal seperti ini biasa terjadi untuk meminimalis kemungkinan pengeluaran biaya transportasi dan waktu yang terbuang dalam perjalanan.

  Kelebihan Bisnis Online

  1. bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet
  2. Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit
  3. Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertentu
  4. Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
  5. Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada

  Kekurangan Bisnis Online

  1. Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita bingung mau milih ikutan yang mana
  2. Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer

Sumber   :
Http;//gustav-economis,blogspot.com/2011/08/kunci-mengembangkan-bisnis –online,html
Http;//ariesre-wordpress.com/pengaruh-dan-peran-TI-terhadap-perkembangan-bisnis-online,html
Http;//jokosusilo.com/bagaimana-perkembangan-bisnis-internet-2011
Http;//E-technie.com/sejarah-e-commerce-bisnis-online-dunia-indonesia
Http://wahyupramusinto.com/kelebihan  & kekurangan-bisnis-online

Tidak ada komentar:

Posting Komentar